Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Tips Untuk Membedakan Gejala PMS Dan Tanda Kehamilan

Hingga saat ini, sebagian besar kaum wanita masih cukup sulit untuk membedakan bagaimana gejala PMS dengan tanda kehamilan. Keduanya memang memiliki kemiripan satu sama lain, namun tetap saja ada perbedaan yang jelas untuk mengetahui perbedaan dari kedua gejala tersebut.

Tips Untuk Membedakan Gejala PMS Dan Tanda Kehamilan

 

Masalahnya, gejala pada tiap wanita memiliki perbedaan pada tiap individunya. Akan tetapi, jangan terlalu khawatir. Anda bisa melihat beberapa Tips Untuk Membedakan Gejala PMS Dan Tanda Kehamilan berikut ini seperti yang dilansir dari laman alodokter. Berikut selengkapnya.

  • Kram.

Saat PMS, Kram terjadi sehari atau dua hari menjelang hari pertama menstruasi. Rasa sakit akibat Kram ini perlahan menghilang saat periode menstruasi akan habis.
Tanda kehamilan, saat Kram terjadi dan merupakan tanda kehamilan rasanya sama saja, hanya lokasi Kram ini berbeda. Kram tanda kehamilan biasanya terasa pada perut bagian bawah atau punggung bawah dalam jangka waktu lebih lama dari PMS, dalam hitungan perminggu bahkan bulan.

  • Flek atau bercak darah.

Saat PMS, bercak darah atau flek biasanya menjadi tanda bahwa telah dekat masa menstruasi Anda, bahkan sedang dalam masa menstruasi. Adabnya flek / bercak darah ini berlangsung 1-2 hari dan volumenya hanya setetes sampai dua tetes darah. Dilanjutkan dengan pendarahan menstruasi sekitar 1 minggu.
Tanda kehamilan, pendarahan ringan seperti bercak darah merah muda hingga cokelat tua bisa terjadi saat buang air kecil. Bercak darah tersebut biasanya terjadi saat kehamilan memasuki usia 7-10 hari. Bercak darah ini muncul karena janin dalam pada dinding rahim melakukan pertumbuhan setelah pembuahan terjadi. Bercak darah tersebut biasanya hanya terjadi dalam beberapa hari saja. Durasinya lebih pendek dari masa menstruasi, dan perdarahan tidak sampai memenuhi pembalutmu.

  • Sakit di payudara.

Saat PMS, sebagian besar wanita juga mengalami pembengkakan di payudara dan terjadi selama paruh kedua siklus menstruasi.
Tanda kehamilan, jika nyeri pada payudara termasuk tanda kehamilan, rasa sakit yang dialami lebih dari sakit saat terjadi PMS. Payudara ibu yang mengalami tanda-tanda kehamilan biasanya sangat sensitif saat tersentuh dan terlihat lebih berisi. Ciri lainnya juga bisa terlihat di area puting yang menjadi lebih gelap.

  • Nafsu makan mengalami peningkatan.

Saat PMS, sebagian besar dari wanita mungkin sadar jika nafsu makan mereka meningkat. Merasa ingin menyantap segala jenis makanan dari mulai makanan asin, manis dan karbo.
Tanda kehamilan, biasanya juga memiliki nafsu makan meningkat pada sebagian ibu hamil. Bahkan terbilang menjadi lebih pemilih pada makanan dan ingin mengkonsumsi makanan tertentu. Indera perasa pada ibu hamil juga lebih sensitif dari biasanya, hal ini bisa dipengaruhi oleh hormon-hormon kehamilan.

  • Mudah lelah.

Saat PMS, rasa lelah terjadi akibat meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghadapi menstruasi.
Tanda kehamilan, mengalami perubahan hormon yang terjadi saat hamil, dan mengalami kelelahan.

Kelima tanda-tanda diatas, bisa terjadi pada gejala PMS dan tanda kehamilan. Dengan mengetahui perbedaannya, diharapkan untuk Anda lebih bijak dalam memutuskan kondisi yang Anda alami. Jika masih ragu, lakukan pemeriksaan pada dokter / bidan terkait yang bisa lebih mengetahui kondisi Anda sebenarnya.

Semoga bermanfaat.

Posted by Pengobatan Hepatitis

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

PROMO !! Pembelian QnC Jelly Gamat untuk pembelian 4 botol dan seterusnya (berlaku kelipatan) ! Informasi Klik Disini !