Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Mengenali Perbedaan Diantara Kemiripan Gejala Tipes dan Hepatitis

Hepatitis dan Tipes, keduanya bisa dibilang penyakit umum yang terjadi di negara berkembang termasuk juga Indonesia. Baik Hepatitis ataupun Tipes, keduanya sama-sama penyakit yang terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan diri.

Mengenali Perbedaan Diantara Kemiripan Gejala Tipes dan Hepatitis

Hepatitis adalah kondisi dimana sel-sel hati manusia mengalami peradangan akibat infeksi (baik virus, bakteri, parasit, toksin), akibat obat-obatan tradisional, konsumsi alkohol hingga penyakit autoimun. Penyakit Hepatitis terbagi kedalam beberapa jenis sebagaimana virus penyebabnya, diantaranya Hepatitis A oleh virus Hepatitis A, Hepatitis B oleh virus Hepatitis B, Hepatitis C virus Hepatitis C, Hepatitis D oleh virus Hepatitis D, dan Hepatitis E oleh virus Hepatitis E. Dalam masa inkubasi Hepatitis memiliki waktu yang berbeda-beda, untuk Hepatitis A saja masa inkubasi rata-rata 28 hari, Hepatitis B 120 hari, dan Hepatitis C 45 hari.

Sedangkan Tipes, adalah demam tifoid, atau penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella. Bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia melalu makanan atau minuman yang terkontaminasi feses. Bakteri Salmonella menyerang usus halus kemudian berkembang biak dan menyebar. Masa inkubasi dari timbulnya gejala sejak bakteri masuk ke dalam tubuh penderita tipes diperlukan waktu kurang lebih 14 hari.

Perbedaan antara gejala Hepatitis dan Tipes.

Memang, secara umum ada sejumlah gejala yang sama antara Hepatitis dengan Tipes, yakni mual, muntah, pusing, demam, nafsu makan berkurang, dan perut nyeri. Namun, ada gejala utama yang membedakan keduanya yaitu terjadinya jaundice (sakit kuning) yang hanya terjadi pada pasien Hepatitis. Selain itu, orang yang mengalami Hepatitis biasanya memiliki gejala demam. namun perbedaanya adalah pada penderita Tipes, suhu tubuh cenderung akan meningkat menjelang sore hari, dan akan menurun mendekati normal kembali pada pagi hari.

Pencegahan baik Hepatitis dan Tipes, yaitu sebagaimana dilihat dari penyebabnya yaitu kurangnya kebersihan diri maka tindakan yang tepat mencegahnya yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama kebersihan makanan, minuman, mencuci tangan sebelum makan, minum dan pastikan mencuci makanan dengan bersih dan memasaknya hingga matang. Pencegahan Hepatitis, bisa dimulai dengan menghindari hubungan badan dengan orang yang terinfeksi Hepatitis, sika gigi, alat cukur dan jarum suntik bersama-sama.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

Hanya Disini GRATIS 10 Botol QnC Jelly Gamat + GRATIS ONGKIR langsung dikirim ke alamat Anda, caranya? Selengkapnya Klik Disini !