Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Masalah Kesehatan Dengan Gejala Mendengkur

Anda tidur mendengkur? Jika iya sebaiknya berhati-hati sebab ternyata mendengkur bisa jadi tanda masalah kesehatan.

Masalah Kesehatan Dengan Gejala Mendengkur

Mendengkur bisa terjadi pada siapa saja dan dalam kondisi apapun. Mendengkur dan rasa kantuk berlebihan bisa jadi merupakan dua gejala utama dari Sleep apnea.

Sleep apnea adalah henti nafas saat tidur, dapat berdampak langsung pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Sleep apnea terjadi saat otot-otot saluran nafas melemas saat tidur. Akibatnya jalan nafas menyempit hingga menyumbat akibatnya tidak ada udara yang dapat lewat. Episode henti nafas bisa terjadi selama 10 detik sampai lebih dari satu menit. Karena sesak, otak akan terbangun sejenak untuk menarik nafas, tanpa disadari penderitanya. Hal ini berdampak pada proses tidur jadi terpotong-potong dan si penderita pun akan merasa selalu mengantuk sepanjang hari. Henti nafas bisa terjadi ratusan kali semalamnya. Periode henti nafas ini menyebabkan perubahan drastis pada kadar oksigen dan tekanan darah seseorang. Jika sleep apnea dibiarkan, tubuh Anda akan terus terbebani dan akhirnya bisa berujung pada banyak penyakit.

Berikut merupakan sejumlah risiko Masalah Kesehatan Dengan Gejala Mendengkur seperti dilansir dari laman Alodokter.

  • Gangguan pernapasan

Orang yang sering mengorok beresiko mengalami keadaan yang disebut apnea tidur. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan akibat tertutupnya jalan napas. Kejadian ini dapat terjadi lebih dari 10 detik saat tidur.

  • Stroke

Makin keras dan panjang dengkuran, maka risiko stroke diperkirakan makin tinggi. Pernyataan ini merujuk kepada sebuah penelitian yang menemukan bahwa intensitas mendengkur ternyata berhubungan dengan risiko aterosklerosis karotis, yaitu penyempitan arteri pada leher akibat timbunan lemak yang disebut plak. Plak inilah yang dapat menyebabkan stroke. Periksakan diri terutama jika Anda mengalami kondisi lain seperti tekanan darah tinggi atau napas yang berhenti saat tidur.

  • Penyakit jantung

Pengidap apnea tidur, yang ditandai dengan mendengkur, dua kali lebih berisiko mengidap penyakit jantung dan serangan jantung dibandingkan yang tidak.

  • Aritmia

Dalam jangka panjang, apnea tidur obstruktif berisiko kepada pembesaran atrium kiri jantung dan mungkin mempengaruhi konduksi listrik jantung. Dengan demikian, orang yang menderita apnea tidur beresiko mengalami fibrilasi atrium dan aritmia (gangguan irama jantung).

  • GERD

Orang yang mendengkur dan mengidap sleep apnea kemungkinan juga berisiko mengidap gastroesophageal reflux disease (GERD)/penyakit refluks asam lambung karena tenggorokannya tertutup ketika aliran udara keluar dan masuk saat tidur. Kondisi ini menyebabkan perubahan tekanan yang membuat isi perut naik kembali kerongkongan.

  • Kecelakaan/cedera

Jika kondisi mendengkur sampai membuat pengidapnya merasa kelelahan, maka terdapat risiko orang itu akan jatuh tertidur di saat-saat yang tidak menentu, misalnya saat sedang mengemudi. Hal ini bisa menjadi lebih berbahaya jika penderita sedang mengemudi sendiri.

  • Sakit kepala

Penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara sakit kepala di pagi hari dengan penyakit gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea. Orang yang mendengkur dan sering sakit kepala memiliki kualitas hidup yang lebih rendah dibandingkan yang tidak.

  • Nokturia

Kebiasaan mendengkur berhubungan dengan kecenderungan terbangun di malam hari, seperti mudah terbangun karena ingin buang air kecil hingga lebih dari dua kali di malam hari.

  • Berkurangnya kepuasan seksual

Makin kencang dan makin sering seseorang mendengkur, maka bisa berdampak kepada makin rendahnya kepuasan seksual mereka. Selain itu, sebagian orang merasa terganggu suara yang ditimbulkan akibat mendengkur, menjadikan pasangan tidak berhasrat untuk berhubungan intim.

  • Komplikasi pada janin

Meski hubungannya belum jelas, tapi penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang mendengkur pada trimester terakhir kehamilan lebih berisiko mengalami komplikasi pada janin.

Posted by Pengobatan Hepatitis Alami.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hanya Disini GRATIS 10 Botol QnC Jelly Gamat + GRATIS ONGKIR langsung dikirim ke alamat Anda, caranya? Selengkapnya Klik Disini !