Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Makanan Terbaik Untuk Membantu Kesehatan Otak

Kita semua tahu jika kesehatan adalah hal penting yang harus kita jaga. Selain menjaga kesehatan fisik, juga kesehatan psikis diperlukan. Terlebih pada kesehatan organ dalam yang sama pentingnya termasuk otak kita.

Otak yang memiliki kinerja dan kondisi optimal juga menajdi salah satu cara agar kesehatan tetap terjaga. Akan tetapi, bagaimana jika akibat gaya hidup seseorang yang tidak teratur dengan baik, dan akhirnya menyebabkan kinerja sel-sel otak menurun?

Makanan Terbaik Untuk Membantu Kesehatan Otak

Untuk mencegah kemungkinan tersebut, selain melakukan pola hidup yang sehat dengan berolahraga teratur, Anda juga perlu memilih makanan yang baik. Diantara jenis makanan-makanan yang kita ketahui, diantaranya ternyata sangat baik dalam membantu menunjang kesehatan otak. Diantaranya :

Cokelat.

Cokelat mungkin menjadi salah satu makanan yang banyak disukai, dan manfaatnya juga tidak main-main. Kakao mengandung flavonol, senyawa yang berperan sebagai antioksidan dan membantu menjaga sel induk otak. Dari sel induk inilah otak akan menghasilkan sel-sel yang baru. Bukan hanya itu saja, flavonol juga telah terbukti mendukung kerja hippocampus, yang merupakan bagian otak yang terlibat dalam memori dan suasana hati.

Sayur dan buah.

Sayur dan buah-buahan jelas sehat untuk dikonsumsi, dan dianjurkan memang untuk kita penuhi dalam kebutuhan harian. Selain itu, Sayuran dan buah-buahan adalah sumber makanan baik mengandung antioksidan yang mampu melindungi lapisan sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Molekul berbahaya ini bisa menyebabkan peradangan dan terganggunya pola makan. Pada sayuran hijau, mengandung folat yang menghasilkan neurotransmiter, pembawa pesan kimiawi di otak yang penting untuk berpikir dan mengendalikan mood.

Biji-bijian.

Glukosa menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup Anda akan kesulitan untuk konsentrasi. Glukosa dapat dengan mudah didapatkan dari makanan berkarbohidrat. Untuk menghindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan, Anda dapat mengonsumsi biji-bijian karena mengandung serat dan membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Kafein.

Kandungan kafein pada kopi dan teh dapat melindungi Anda dari menurunnya fungsi kognitif. Menurut para ahli, asupan 500 miligram kafein setiap hari atau setara dengan lima cangkir kopi dapat membantu mengatasi masalah memori.

Namun tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein terlalu banyak, hal ini dapat mengganggu sistem saraf dan menyebabkan berbagai gangguan seperti sakit kepala, mual, muntah, hingga gangguan berat seperti kejang dan gangguan irama jantung.

Omega-3.

Asam lemak omega-3 sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Membran otak menggunakan lemak ini untuk memperbaiki struktur sel dan sinyal otak, yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsi kognitif. Menurut penelitian, dengan mengonsumsi Salmon, Sarden, dan Tenggiri seminggu sekali dapat memperlambat penurunan kognitif dan mengurangi risiko Alzheimer. Anda juga bisa mendapatkan omega-3 dari kenari, biji chia, dan biji rami.

Baca juga :

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hanya Disini GRATIS 10 Botol QnC Jelly Gamat + GRATIS ONGKIR langsung dikirim ke alamat Anda, caranya? Selengkapnya Klik Disini !