Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Jenis Penyakit Yang Merusak Fungsi Hati

Hati, merupakan organ penting di dalam tubuh kita yang memiliki fungsi secara kompleks dalam mengatur kelangsungan keseluruhan fungsi organ-organ lainnya di dalam tubuh. Bisa dibilang, fungsi hati ini agak rumit, dan banyak berurusan dengan bahan-bahan yang berpotensi merusak seperti bahan kimia yang tidak sengaja masuk kedalam tubuh dan darah, yang terkadang sampai membuat organ hati mengalami cedera. Namun, secara alami hati memiliki kemampuan untuk melindungi diri dengan cara meregenerasi.

Jenis Penyakit Yang Merusak Fungsi Hati

Pada umumnya, ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dapat langsung menyerang organ hati. Penyakit-penyakit tersebut, diantaranya :

1. Hepatitis.

Hepatitis merupakan peradangan hati yang menjadi penyebab penyakit yang paling sering menyerang Hati. Terdapat beberapa jenis penyakit Hepatitis, diantaranya Hepatitis A, B, C, D, E, serta Hepatitis autoimun yang disebabkan adanya agen yang memicu sistem kekebalan tubuh menyerang sel hati. Hampir semua penderita Hepatitis A yang sebelumnya sehat akan sembuh dan tidak berkembang menjadi kronis. Sekitar 90% pengidap Hepatitis B juga akan sembuh. Sedangkan Hepatitis C dan Steatohepatitis nonalkoholik seringnya berkembang menjadi Hepatitis kronik.

2. Hemokromaatosis.

Merupakan penyakit ini disebabkan kelainan genetik, yang menyebabkan usus menyerap terlalu banyak zat besi sehingga kadarnya menjadi berlebihan. Kelebihan zat besi ini akan masuk ke alirah darah dan menumpuk pada organ tertentu, terutama hati.

3. Sirosis.

Sirosis ditandai dengan adanya kerusakan Hati yang progresif dan tidak bisa diperbaiki. Sering diakibatkan oleh infeksi, Hepatitis B dan C menahun, penggunaan alkohol berlebihan, atau penyakit autoimun.

4. Kanker Hati.

Biasanya kanker hati berasal dari bagian lain tubuh yang akhirnya menyebar ke Hati. Hati cukup rentan terhadap serangan sel kanker.

5. Abses hati.

Abses adalah cairan atau nanah yang memenuhi rongga, kadang terbentuk dalam Hati akibat infeksi bakteri dan juga parasit. Jika disebabkan bakteri biasanya langsung diikuti demam dan menggigil. Sedangkan abses karena parasit berkembang lebih lambat. Penyakit ini teridentifikasi dengan pemeriksaan CT scan atau USG pada Hati.

6. Gangguan bawaan pada Hati.

Terdapat beberapa kelainan hati yang diwariskan dan biasanya sudah terlihat ketika masa kanak-kanak.

Keenam jenis penyakit diatas berkaitan dengan hati dan jika semuanya tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan fungsi hati terganggu hingga kegagalan hati.

Jenis Penyakit Yang Merusak Fungsi Hati |

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

PROMO !! Pembelian QnC Jelly Gamat untuk pembelian 2 botol dan seterusnya (berlaku kelipatan) ! Informasi Klik Disini !