Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Jauhi Alkohol Mulai Sekarang Untuk Kesehatan Organ Hati

Bukan rahasia lagi jika kebiasaan minum alkohol, sangat merugikan kesehatan. Hal ini terkait dengan kesehatan organ hati. Ya, tanpa kita sadari kebiasaan minum-minuman beralkohol ini nantinya akan menyebabkan kerusakan pada hati. Jika kondisinya terlanjur parah, hati akan mengalami kerusakan permanen, gagal fungsi hingga kematian.

Jauhi Alkohol Mulai Sekarang Untuk Kesehatan Organ Hati
Jauhi Alkohol Mulai Sekarang Untuk Kesehatan Organ Hati

Sekilas mengenai Alkohol.

Alkohol termasuk jenis minuman yang memabukkan, dan bukan rahasia lagi jika minuman yang satu ini membawa dampak negatif bagi kesehatan. Salah satu dari sekian efek negatifnya yaitu kerusakan pada hati.

Memang, kerusakan pada hati akibat minuman beralkohol tidak akan terjadi dalam waktu sekejap. Hal ini berjalan dengan seiringnya bertambah usia. Semakin usia bertambah, semakin mulai memperlihatkan tanda-tanda kerusakan organ hati. Sebelum semuanya terlambat, ada baiknya jika kita memahami bagaimana kinerja alkohol yang merusak hati orang-orang yang kita sayangi.

Mengenal fungsi hati.

Hati termasuk salah satu organ yang sangat penting perannya dalam tubuh kita, jadi jangan sekali-kali meremehkan. Salah satu peran pentingnya yaitu sebagai penetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Jika fungsi hati terganggu, maka racun-racun yang masuk ke dalam tubuh kita dapat berkembang dan meluas. Dalam jangka panjang, konsumsi alkohol bisa mengakibatkan kerusakan pada sel-sel hati. Lebih parahnya lagi, seseorang tidak perlu minum alkohol hingga mabuk untuk dapat merusak hati. Hal ini menyebabkan sebagian orang menganggap porsi minumannya wajar-wajar saja, padahal proses kerusakan hati sedang terjadi dalam tubuhnya.

Sejumlah tanda dan gejala yang timbul dari kerusakan hati akibat alkohol biasanya meliputi :

  • Rasa lemas.
  • Mengalami penurunan berat badan.
  • Hilang nafsu makan.
  • Kekuningan pada mata serta kulit.
  • Bengkak di perut dan daerah kaki.
  • Penurunan kesadaran.
  • Muntah darah atau buang air besar disertai darah.

Tahapan selanjutnya dari kerusakan hati adalah Hepatitis akibat konsumsi alkohol. Ya, Hepatitis juga dapat terjadi akibat konsumsi alkohol dapat menjadi suatu keadaan yang mengancam jika tidak segera ditangani dan dihentikan.

Sementara Sirosis hati adalah kondisi akhir akibat konsumsi alkohol, dan menunjukkan bahwa sebagian sel hati telah rusak. Faktanya, bahkan ketika seseorang telah mencapai tahapan ini belum tentu ada gejala dan tanda yang muncul atau ia sadari. Padahal, saat sirosis terjadi dan kebiasaan konsumsi alkohol tidak segera dihentikan, angka harapan hidup orang tersebut berkurang hingga 50% dalam 5 tahun ke depan.

Untuk itu, Anda yang memiliki kebiasaan ini segera hentikan. Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat Anda agar Anda bisa segera melupakan kebiasaan minum alkohol dan ingatlah selalu agar Anda hidup sehat.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hanya Disini GRATIS 10 Botol QnC Jelly Gamat + GRATIS ONGKIR langsung dikirim ke alamat Anda, caranya? Selengkapnya Klik Disini !