Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Hepatitis C Diperparah Dengan Kondisi Pasien Yang Semakin Stress

Penyakit Hepatitis C, tidak hanya diketahui dapat mempengaruhi fisik, tetapi juga menganggu kesehatan mental. Alasannya karena jika pasien penderita Hepatitis mengetahui dirinya mengidap penyakit tersebut, pada sebagian penderitanya justru malah semakin menambah tingkat ke-sressannya. Karena hal tersebutlah yang malah membuat penyakit Hepatitis C bertambah parah.

Hepatitis C Diperparah Dengan Kondisi Pasien Yang Semakin Stress

Andrew J. Muir, MD, MHS, adalah seorang profesor kedokteran dan direktur klinis hepatologi di Duke University Medical Center di Durham, NC menyatakan jika orang yang menderita penyakit Hepatitis C akan tertanggu secara fisik juga cenderung memiliki peningkatan resiko terhadap masalah kesehatan mental.

Sama halnya dengan pendarapat oleh asisten profesor kedokteran dari Harvard Medical School di Boston, Camilla Graham, MD. Menurutnya, secara psikologis ada sebuah stigma yang menempel dalam pikiran seseorang yang terdiagnosis menderita Hepatitis C. Dampaknya mereka yang menderita Hepatitis C akan merasa terisolasi dan malah membuatnya semakin depresi. Hal ini dikaitkan dengan tekanan dari dalam diri dan mungkin karena mulai dijauhinya dari orang lain.

Tambahan lainnya, menurut beliau jika perasaan sedih menjadi sangat luar biasa segeralah lakukan pertolongan medis. Hal ini sangat penting untuk membantu menangani masalah kesehatan mental, terutama stress atau depresi karena jika hal tersebut tidak segera mendapat penanganan Hepatitis C malah membuatnya semakin parah.

Graham menambahkan berdasarkan sebuah penelitian tahun 2010 di The Primary Care Companion untuk Journal of Clinical Psychiatry menunjukkan prevalensi infeksi Hepatitis C dengan penyakit mental yang berat, termasuk psikosis, sembilan kali lebih berisiko dibandingkan dengan populasi umum di AS.

Hal inilah yang dikhawatirkan oleh pakar kesehatan sehingga perawatan kesehatan mental juga sangat diperhatikan. Hepatitis C termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus Hepatitis C yang ditularkan melalui darah dengan cara penularannya yang melalui transfusi darah. Masa inkubasi penyakit ini rata-rata 7 minggu. Orang yang berisiko tinggi mendapat hepatitis C ialah mereka yang memerlukan tranfusi darah berulang, menjalani cuci darah, cangkok organ dll.

Baca juga : Yang Harus Anda Lakukan Ketika Terinfeksi Hepatitis B Dan C

Hepatitis C Diperparah Dengan Kondisi Pasien Yang Semakin Stress |

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

Hanya Disini QnC Jelly Gamat Gratis 10-20 botol Hanya untuk Anda ! Caranya? Klik Disini Disini !