Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Efek Pemberian Vaksin Hepatitis Setelah 24 Jam

Departemen kesehatan menghimbau jika ayi yang baru lahir wajib mendapatkan vaksin Hepatitis. Sesaat setelah bayi lahir (di rumah sakit) mereka biasanya akan diberikan perawatan khusus. Terutama dalam 24 jam setelah kelahiran bayi, orangtua disarankan agar bayinya mendapatkan Vitamin K serta Vaksin Hepatitis B. Namun sayangnya, pemberian Vaksin Hepatitis B seringkali diabaikan. Padahal jika tidak diberikan dapat mengakibatkan ketidakefektifan vaksin dalam memberikan manfaatnya.

Efek Pemberian Vaksin Hepatitis Setelah 24 Jam

Hepatitis B sendiri merupakan salah satu penyakit yang mudah sekali menular. Jika seorang ibu hamil menderita Hepatitis B, maka 90% bayi di dalam kandungannya akan terinfeksi. Itulah mengapa pemberian Vaksin Hepatitis B harus segera diberikan  dalam kurang 24 jam, karena jika setelahnya atau lewat dari 24 jam vaksinasi yang diberikan menjadi tidak efektif lantaran virus tersebut sudah terlanjur masuk ke dalam sel-sel hati.

Jika menyerang anak, 90% kasus Hepatitis B dapat berkembang menjadi Sirosis hingga kanker hati. Dan hanya 10% saja yang bisa sembuh.

Jika terlambat, Vaksinasi Hepatitis B harus diulang saat bayi berusia satu bulan dan enam bulan. Selain pada bayi, vaksinasi Hepatitis B juga harus diberikan pada ibu hamil dan beberapa kelompok yang berisiko tinggi terpapar virus Hepatitis B, seperti  pasien yang menjalani cuci darah, tenaga medis dan kelompok tertentu dengan perilaku yang berisiko tinggi (pengguna jarum suntik atau seks tanpa perlindungan).

(source: 1health)

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

Hanya Disini QnC Jelly Gamat Gratis 10-20 botol Hanya untuk Anda ! Caranya? Klik Disini Disini !