Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Cara Mengatasi Anak Mimisan

Saat anak mengeluarkan darah dari hidungnya secara tiba-tiba atau mimisan, sebaiknya tidak terburu untuk panik. Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi faktor mengapa mimisan terjadi pada anak Anda. Diantaranya adalah alergi, udara yang dingin, bersin terlalu keras dan lainnya.

Cara Mengatasi Anak Mimisan

Untuk mengatasi mimisan pada anak jangan sampai dengan cara yang salah dan tergesa-gesa sebab keadaan bisa saja malah makin memburuk. Akan tetapi, penanganan yang tepat saat anak mimisan berikut ini harus Anda ketahui agar mimisan anak cepat pulih. Berikut adalah tips untuk mengatasi mimisan anak seperti yang dilansir dari laman klikdokter.

  • Tetap tenang.

Selagi menghadapi anak mimisan, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Dengan menjaga diri untuk tetap tenang, Anda dapat berpikir jernih untuk melakukan hal terbaik dalam mengatasi mimisan pada anak.

  • Memposisikan anak untuk duduk dengan tegak.

Saat mimisan umumnya anak-anak akan disuruh mendongak untuk menghalangi darah keluar banyak. Namun kondisi ini sangat salah. Justru saat mimisan, posisikan anak duduk degan tegah agar darah dengan lancar mengalir kebawah.

  • Sandarkan kepala anak.

Jika ia tidak kuat untuk duduk tegak, sandarkan kepala anak ke depan. Hindari memposisikan anak miring ke samping, karena dapat menyebabkan darah yang keluar dari hidung tertelan.

  • Menutup lubang hidung.

Jepit lubang hidung anak dengan ibu jari dan jari telunjuk selama 10 menit. Pastikan darah berhenti dahulu, baru lepaskan jepitan tersebut. Jika darah tidak sengaja tertelan, ludahkan.

  • Jangan bersin.

Setelah perdarahan berhenti, sebisa mungkin buat anak untuk tidak bersin secara berlebihan dalam 24 jam. Hal ini guna mencegah terjadinya iritasi pada hidung.

  • Menggunakan uap air panas.

Jika penyebab anak mimisan adalah udara dingin, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan penguapan pada hidungnya. Caranya, sediakan air panas pada wadah yang agak besar, kemudian dekatkan kepala anak pada wadah tersebut dan biarkan ia menghirup uapnya dalam waktu beberapa menit.

Jika Cara Mengatasi Anak Mimisan sudah dilakukan semua namun anak tetap tidak berhenti mimisan, segera bawa ke dokter terdekat untuk penanganan yang lebih intensif.

Baca juga :

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

Hanya Disini QnC Jelly Gamat Gratis 10-20 botol Hanya untuk Anda ! Caranya? Klik Disini Disini !