Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Cara mencegah penyakit hepatitis,- Selamat datang pada situs pengobatanhepatitis.web.id, seperti yang telah Anda ketahui, hepatitis  adalah penyakit yang mengganggu kesehatan hati. Sama seperti hepatitis lainnya, jika ini sudah terjadi dan terlambat untuk diobati maka seiring berjalannya waktu organ-organ lain akan mengalami gangguan dan pada akhirnya tubuh menjadi rusak. Untuk itulah, sebaiknya Anda mengetahui Cara Mencegah Penyakit Hepatitis tersebut.

Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Penyebab penyakit hepatitis yang paling utama adalah keberadaan birus hepatitis di dalam tubuh yang kemudian masuk dan menyerang kinerja organ hati. Virus hepatitis pun ada dalam beberapa macam, ada hepatitis A,B,C,D dan virus hepatitis E. Penyebab lainnya adalah pengaruh obat-obatan dan zat kimia berbahaya yang masuk kedalam tubuh, seperti arsen, karbon tetraklorida, maupun zat kimia lain yang biasanya digunakan dalam pembuatan obat.

Meskipun takdir sudah ada yang menentukan, melakukan tindakan pencegahan dengan maksimal adalah suatu kewajiban yang tidak bisa diabaikan begitu saja,. Bahkan orang yang telah melalui imunisasi untuk cacar dan campak tetap bisa terkena penyakit ini ketika virus ini sedang berkeliaran di lingkungannya karena ia tidak memiliki sistem imun tubuh yang kuat untuk melawan virus hepatitis ini. Jika sudah terjangkit virus, tubuh akan mulai menampakan reaksinya. Jika tidak segera ditangani maka sakit yang terjadi akan semakin parah dan jika dibiarkan hingga menahun akan berujung pada kanker hati dan kematian.

Cara Mencegah Penyakit Hepatitis agar tidak menyerang tubuh di antaranya adalah dengan hidup sehat dan selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau minum. Tidak makan bersama dengan orang lain dan tidak meminta makanan sisa orang lain. Tidak ada yang tahu kalau virus hepatitis telah masuk ke tubuhnya sebelum ia mengalami gejala-gejala yang jelas. Berhati-hati dan tetap wapada adalah langkah yang sangat baik yang bisa ditempuh.

Salah satu penularan hepatitis, khususnya hepatitis A, adalah melalui feses atau kotoran manusia yang mencemari makanan dan minuman. Pastikan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita adalah makanan yang bersih, dan pastikan pula minuman yang diminum berasal dari air bersih yang sudah direbus hingga mendidih. Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu cara pencegahan penyakit hepatitis. Hepatitis akan sangat mudah menyebar di tempat-tempat yang memiliki tingkat kebersihan sangat rendah maupun sanitasi yang sangat buruk. Ketika akan melakukan transfusi darah, pastikan darah tersebut telah melalui tes atau screening penyakit berbahaya, termasuk penyakit hepatitis. Salah satu cara penularan hepatitis adalah melalui transfusi darah. Saat suasana panik, terkadang tidak terpikirkan bahwa darah yang disumbangkan itu bisa saja terkena bibit penyakit. Bagi yang telah pernah terkena virus hepatitis, seharusnya menyadari diri dan tidak perlu menyumbangkan darah lagi daripada menambah daftar penderita penyakit hepatitis.

Hindari penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal ini bisa menyebabkan organ hati mengalami kerusakan dan mudah terkena penyakit hepatitis. Obat-obatan yang terdiri dari senyawa kimia itu pastinya akan menumpuk dalam hati dan mengganggu kinerja organ ekskresi tersebut. Obat-obatan yang sering digunakan dalam waktu yang lama itu, misalnya, antibiotik. Vitamin C saja yang dikonsumsi secara terus-menerus bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan bisa membuat air seni berdarah, apalagi obat-obatan lain yang berbahaya. Kalaupun ingin mengkonsumsi vitamin atau bahan makanan tambahan, sebaiknya yang menggunakan ramuan tradisional saja seperti jintan hitam, madu, pegagan, atau ramuan alami lainnya. Kekuatan tubuh memang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, kalau energi itu didapatkan dari barang lain yang bukan dari makanan dan minuman dengan gizi seimbang, maka hal ini suatu saat akan mengganggu kesehatan dan bahkan akan mendapatkan serangan virus dengan lebih mudah.

Jangan Menggunakan Barang Tertentu Bersama-sama Pencegahan terhadap penyakit hepatitis juga bisa dilakukan dengan cara tidak menggunakan barang apapun secara bersama-sama, misalnya jarum suntik, pisau cukur, maupun sikat gigi. Bila menggunakan barang bersama-sama dan salah satu orang ternyata menderita hepatitis, orang yang lain pasti juga akan tertular dengan mudahnya. Air liur adalah sarana penularan hepatitis yang sangat mujarab. Hal ini juga yang membuat orang-orang yang sering makan dalam wadah yang sama, akhirnya sama-sama menderita hepatitis.

Umumnya, dalam satu keluarga, bila salah satu anggota keluarga yang lain terkena hepatitis, anggota keluarga yang lain wajib waspada. Tidak harus mengisolasi tetapi memisahkan semua peralatan makan si sakit adalah satu langkah tepat yang harus dilakukan. Daripada harus mengobati lebih dari satu orang, lebih baik mencegah dengan cara tersebut. Bagi pasangan yang hendak melakukan pernikahan, sebaiknya melalui tes kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah pasangannya terkena hepatitis atau tidak. Salah satu cara penularan hepatitis bisa lewat hubungan intim atau seksual. Selalu rawat dan jagalah kekebalan tubuh Anda dengan asupan gizi yang cukup, sehingga tubuh Anda tetap kuat dan tidak mudah sakit. Itulah beberapa usaha Cara Mencegah Penyakit Hepatitis agar tidak menyebar luas dan bisa menyerang Anda. Jagalah kesehatan setiap saat agar terhindar dari penyakit merugikan seperti hepatitis.

Baca juga: cara mengobati hepatitis dengan Obat Hepatitis QnC Jelly Gamat.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

Hanya Disini QnC Jelly Gamat Gratis 10-20 botol Hanya untuk Anda ! Caranya? Klik Disini Disini !