Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Ngidam sepertinya sudah jadi tradisi bagi ibu hamil, walaupun tidak semua ibu hamil mengalami ngidam. Yang menarik adalah ada saatnya dimana ngidam yang dialami ibu hamil dianggap tidak wajar sehingga malah membuat kerepotan suami dan orang-orang disekitarnya. Keinginan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan tertentu saat memang wajar, namun tetap ada baiknya jika Anda memperhatikan apakah makanan yang ingin dikonsumsi tersebut baik untuk kesehatan atau tidak.

Mengenai Sejumlah Pantangan Makanan Dan Minuman Bagi Yang Hamil.

Ada baiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan ikan mentah, ikan setengah matang, makanan dengan bahan dasar keju atau susu yang tidak melalui tahap pasteurisasi, lalu aneka minuman yang mengandung alkohol tinggi, dan mulai membatasi minuman yang mengandung kafein seperti teh dan juga kopi. Selain daripada itu, tidak ada lagi pantangan makanan untuk ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Lalu, bagaimana dengan buah Durian?

Banyak sekali orang yang bertanya apakah Durian dapat mempengaruhi kesehatan janin atau tidak jika dikonsumsi ibu hamil. Sebenarnya Durian tidak mempunyai dampak buruk untuk seorang ibu hamil. Tapi yang menjadi masalah yaitu dalam Durian terdapat 2 macam zat yang dapat mempengaruhi kondisi janin. Kedua zat ini adalah alkohol dan asam arachidonat.

Kandungan zat asam arachidonat merupakan sebuah senyawa yang dapat membentuk prostaglandin atau senyawa yang mampu merangsang kontraksi. Jika kontraksi ini terjadi di awal kehamilan tentunya akan mengakibatkan keguguran, sedangkan jika terjadi para trisemester ke-3 dan akan mengakibatkan kelahiran secara prematur. Untuk kandungan alkohol pada Durian, nantinya dapat mempengaruhi perkembangan janin. Saat bayi lahir, maka berat badannya rendah atau lahir secara prematur. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir hal-hal seperti ini hanya akan terjadi ketika mengkonsumsi Durian dalam jumlah banyak.

Ibu hamil bisa kok mengkonsumsi Durian yang masih segar, bersih, dan tidak makan secara berlebihan. Batas wajar konsumsi buah Durian untuk seorang ibu hamil adalah ½ buah dalam sehari.

Lalu bagaimana dengan makanan olahan Durian? Produk olahan dengan bahan dasar Durian tentunya memiliki kadar alkohol dan asam arachidonat yang lebih kecil dibandingkan dengan buah Durian segar. Namun tetap kondisi ini tidak boleh membuat Anda dapat mengkonsumsi produk ini dalam jumlah banyak. Sebaiknya Anda tetap memperhatikan apakah makanan yang akan dikonsumsi tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh dan apakah proses pembuatannya juga higienis.

Mengenai anggapan masyarakat yang mengatakan jika dengan mengkonsumsi Durian saat hamil dapat membuat bayi dalam kandungan merasa panas itu tidak benar. Yang menyebabkan masalah adalah saat Anda mengkonsumsi secara berlebihan maka kedua zat tersebut akan mengganggu proses kehamilan Anda.

Baca juga :

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

Hanya Disini GRATIS 10 Botol QnC Jelly Gamat + GRATIS ONGKIR langsung dikirim ke alamat Anda, caranya? Selengkapnya Klik Disini !