Informasi Mengenai Penyakit Hepatitis dan Pengobatannya

Benarkah Obat Hepatitis C Kini Tersedia?

Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini cukup sulit bagi para ahli untuk menemukan obat Hepatitis C karena ketersediaan yang sulit dan penelitian yang cukup memakan waktu.

Benarkah Obat Hepatitis C Kini Tersedia?

Setelah beberapa tahun kemudian kemudian memang telah ada obat Hepatitis C namun harganya masih sangat-sangat mahal. Untuk itu, Indonesia AIDS Coalition (IAC) yang bekerja sama dengan Koalisi Obat Murah (KOM) telah memperjual-belikan obat-obatan tersebut dalam harga yang murah dan mudah di dapat banyak pasien penderita Hepatitis.

Berdasarkan penuturan dari Aditya Wardhana yang merupakan Direktur Eksekutif Indonesia AIDS Coalition, pengobatan Hepatitis C yang tersedia di Indonesia telah ditanggung JKN adalah obat generasi lama. Padahal, saat ini sudah ada obat Direct Acting Antivirus (DAA), merupakan obat generasi terbaru untuk menyembuhkan Hepatitis C.

Obat Hepatitis tersebut bernama sofosbuvir, ledipasvir dan daclastavir. 95% efektif membantu ‘menidurkan’ virus Hepatitis C dalam jangka waktu 3 sampai 6 bulan. Berdasarkan hasil uji coba sebelumnya, obat tersebut tidak memiliki efek samping.

Dalam waktu 4 minggu, obat tersebut membuat virus Hepatitis C sudah hilang dan tidak terdeteksi di dalam tubuh mereka. Sayangnya, obat sofosbuvir versi paten dijual dengan harga Rp14 juta per butir pil, dan pasien harus merogoh kocek sekitar Rp1,1 miliar saat melakukan terapi selama 3 bulan.

Nah maka dari itu Indonesia Buyers Club tergugah untuk membantu sesama penderita Hepatitis C. Dari data tahun 2015 bulan Desember, obat ini belum diizinkan edarnya oleh BPOM, padahal lisensi dari WHO sudah didapat.

Baca juga : Rekomendasi Pengobatan Alami Hepatitis Pada Anak

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

PROMO !! Pembelian QnC Jelly Gamat untuk pembelian 4 botol dan seterusnya (berlaku kelipatan) ! Informasi Klik Disini !